Menikmati gerak tubuh Yoga

Yoga

Inget banget pertama kali dengar kata Yoga saat duduk di bangku kuliah. Waktu itu ada teman lumayan dekat yang suka banget sama Yoga. Dia rutin ikut kelasnya di salah satu tempat fitness. Mungkin kala itu (sekitar 2008-2009), belum banyak Yoga club atau tempat khusus latihan Yoga, tapi kalau di tempat fitness sudah banyak yang membuka kelasnya. Karena dia suka banget ikut, saya jadi penasaran emang seenak apa sih & akhirnya ikutan mencoba bareng dia. Toh gratis juga untuk first time trial, program member get member, hehe..

Ooohh ini toh Yoga, macam stretching tapi berat, hahaha, & diakhiri dengan pose berbaring dengan lampu diredupkan. Setelah itu, langsung gak mau coba lagi wkwkwk, saya pikir apa enaknya, berasa berat banget, kaki diangkat-angkat, menjaga keseimbangan dll, & tidak ada enjoy nya. Beda dengan kelas dance di tempat fitness juga, banyak keluar keringat tapi menyenangkan. Saya pikir begitu kala itu ...

2019

10 tahun berselang (lama yaa, wkwkwk), tepatnya Desember 2019, saya merasa hidup monoton & ingin mencoba hal baru. Saya cari-cari di instagram, hmm, mulai banyak guru Yoga profesional dimana mereka memang belajar teknik Yoga secara profesional untuk bisa mengajar dan membuka kelas. Berhubung saya ingin rutin berolahraga juga, untuk alternatif olahraga akhir pekan selain jogging, dan instrukturnya adalah guru khusus Yoga, saya pikir mungkin akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan yang saya pernah coba 10 tahun silam.

Ingatlah saya dengan salah satu teman baik di komsel. Dia sering bilang di grup bahwa dia lagi yoga. Okeh, saya coba contact dia & ternyata dia biasa yoga di Blesyoga, daerah Lebak Bulus. Nah, berhubung ada kelas di akhir pekan dan tidak jauh dari rumah, pas lah ini untuk saya coba hehe.. Hari minggu pagi saya ikut kelas Basic Flow Yoga, pas saat itu dengan instruktur founder nya langsung, Kak Tio Rosaline. 

Setelah selesai Yoga, apa yang dirasakan oleh tubuh ini?

Rasanya Nikmat Banget! Badan terasa segar dan jiwa bahagia :)

Apa yang membuatnya berbeda dengan 10 tahun silam?

Nafas! Yes, saat diajarkan oleh kak Tio, selalu diingatkan untuk menggunakan nafas di setiap gerakan. Nafas membantu kita untuk menyadari setiap gerakan sehingga bisa menikmatinya.

Menikmati gerak tubuh Yoga dengan nafas, jangan melamun, & dengarkan kemampuan tubuhmu, bukan egomu. Begitulah kak Tio suka mengingatkan saat mengajar :)

Apa yang paling berkesan dari Yoga?

Bagi saya, Yoga itu ibarat kehidupan, dimana mengandung banyak nilai kehidupan.  

Perjuangan & Keberhasilan 

Diawali dengan centering / seperti meditasi, memfokuskan diri ke saat ini agar sadar & tenang. Dilanjutkan dengan gerak tubuh Yoga dan merasakan setiap gerakan dengan nafas & kesadaran. Setelah menekuk, memutar & menyeimbangkan tubuh melalui gerakan, diakhiri dengan savasana / berbaring sejenak agar rileks namun tetap sadar. Di pose terakhir inilah terasa sangat nikmat, feels like it's all paid off (the most favorite one ;)

Layaknya kehidupan, setelah perjuangan yang melelahkan namun akhirnya berhasil mencapai yang diharapkan, maka disitulah terasa moment yang paling melegakan & bahagia. Atau sesederhana setelah bekerja keras seharian, tidur di malam hari yang berkualitas seperti mendapatkan hadiah :) 

Menikmati Proses

Yoga juga mengajarkan agar kita menikmati prosesnya, dan bukan hanya hasilnya berupa pose-pose tertentu. Di saat kita melakukan suatu pose, rasakan & sadari perjuangan & rasa sakitnya. Semakin sering dicoba, akan semakin bisa. Disitu kita belajar bahwa seperti itulah hidup, ada masa jatuh & berhasil, bila jatuh, maka coba lagi, dan bila kita belajar menyadari setiap prosesnya seperti menggunakan nafas dalam Yoga untuk menyadari setiap gerakan, disitu kita bisa menikmatinya. 

Perjalanan Mengenal Diri

Yoga juga mengajarkan agar kita belajar mendengarkan kemampuan tubuh kita, dan bukan ego kita. Di saat kita belum bisa melakukan pose tertentu, rasakan & sadari saja kemampuan tubuh kita, jangan dipaksakan. Nanti coba lagi, bukan menyerah namun jangan memaksakan ego kita. Disitu kita belajar mencintai diri kita, menerima kekurangan diri & mensyukurinya, namun tetap berusaha untuk terus mengupayakannya. 

May difficult to describe, but you will get the sense when you try :)


Pada awal mencoba Yoga, saya tidak paham sama sekali apa itu Yoga. Saya berpikir Yoga hanya salah satu jenis olahraga, sama layaknya seperti jogging, lari, berenang, basket, dll. Dalam perjalanan mulai menikmati Yoga berkat Blesyoga, saya tertarik bila menemukan documentary atau podcast tentang Yoga. Dari situ, saya baru mengetahui Yoga sering disebut moving meditation. Ada juga yang bilang bahwa Yoga menghubungkan badan dan batin. Ada juga salah satu documentary berjudul: I am Maris, Portrait of Young Yogi, cerita nyata seorang anak yang mengalami depresi & anoreksia. Lalu saat dia menemukan & melakukan Yoga, pikiran maupun jiwanya berangsur pulih, hingga akhirnya dia menjadi Yogi (ahli Yoga bersertifikasi) pada usia 16 tahun & menginspirasi dunia terutama bagi mereka yang mengalami tantangan kesehatan serupa.

Dari situ saya baru bisa menghubungkan kenapa setiap kali selesai Yoga, tidak hanya badan yang terasa segar & lebih kuat, namun jiwa lebih lega & bahagia :) Mungkin itulah maksud Yoga mampu menghubungkan badan dan batin seperti meditasi.



#yoga #kesehatan #mental #olahraga #meditasi #blesyoga #tiorosaline

Comments